Laporan Praktikum 2
LAPORAN PRAKTIKUM 2
Disusun Oleh :
Fadilah Riczky
18330046
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2018
-------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Praktikum
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Persiapan Praktikum
2.1.1
Perangkat Keras
2.1.2
Perangkat Lunak
2.2 Rangkuman
2.3 Dasar Teori
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM
BAB IV TUGAS
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
-------------------------------------------------------------------------------------
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Microsoft
Excel merupakan aplikasi software pengolah data yang di produksi oleh Microsoft
Corporation serta sangat bermanfaat dalam aplikasi perkantoran
1.2 Tujuan Praktikum
1.
Mahasiswa
diharapkan dapat menjelaskan konsep tentang Microsoft Excel
2.
Mahasiswa
diharapkan dapat memahami cara penggunaan Microsoft Excel
-------------------------------------------------------------------------------------
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Persiapan Praktikum
2.1.1
Perangkat Keras
1.
Komputer / Laptop
2.1.2
Perangkat Lunak
1.
Microsoft Office Excel
2.2 Rangkuman
Microsoft
office excel adalah salah satu program pada microsoft office yang di gunakan
dalam pengolahan data berbasis angka. Microsoft office excel juga merupakan
salah satu program pengolah angka yang di keluarkan oleh microsoft
corporation.Hadirnya microsoft office excel sangat membantu dalam pengolahan
data yang problema nya mudah hingga yang rumit. Pengoperasian microsoft
excel sering di kenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula yang dapat
memudahkan dalam pengolahan data secara matematis dengan beragam fungsinya
,seperti laporan kerja,penentuan nilai hingga penentuan gaji karyawan dalam
ruang lingkup sebuah perusahaan.
2.3
Dasar Teori
1. Menjalankan Microsoft Excel
Proteksi
workshet dilakukan untuk mencegah perubahan data yang tidak dikehendaki yang
dilakukan oleh pihak tidak berwenang melakukan perubahan data. Caranya dengan
klik kanan worksheet yang akan diproteksi > klik Protect Sheet > dapat Masukan
Password > tentukan item apa saja yang masih dirubah (diberi tanda centang)
> klik OK.
2. Pengaturan format angka
Dalam pengaturan format angka , seperti : mengatur
format penulisan (angka . mata uang, pecahan), lambang mata uang , pemberian
lambang persen , koma , serta menampilkan angka nol di belakang koma ,
dilakukan dengan cara klik Group Number.
3.
Menggunakan Fungsi Matematika.
Klik Insert
Function > pilih fungsi yang di inginkan > klik OK.
4.
Menulis rumus dengan angka.
Untuk
menuliskan rumus dengan angka , dilakukan dengan menuliskan angkaserta operasi
hitungannya dalam sel atau formula bar , lalu tekan Enter.
5.
6 Menulis rumus dengan cara
menunjukan.
Menulis rumus
dengan cara menunjukan merupakan cara menulis rumus yang paling cepat, aman
serta mudah. Penulisan dapat dilakukan antar lembar kerja atau workbook.
Caranya adalah sebagai berikut :
a)
Tentukn sel yang akan digunakan unutk
menmpatkan hasil
b)
Ketikan tanda sama dengan pada
sel yang akan digunakan untuk menempatkan hasil , Kemudian tunjuk sel yang akan
dijumlahkan dengan pointer , kemudian ketik tanda penjumlahan (+) , ketik lagi
sel yang akan dijumlahkan kemudian tekan enter.
6.
Mengggunakan Autoum.
Autosum
merupakan fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk
melakukan proses perhitungan matematika. Menu-menu pilihan yang terdapat pada
fasilitas autosum ini meliputi :
7. Menggunakan Fungsi Logika.
Pada prinsipnya fungsi logika digunakan untuk
membandingkan dua atau lebih argument untuk menghasilkan nilai True atau False.
Fungsi logika secara umum dapat dituliskan sebagai berikut :
IF (logical_test;value_if_true;value_if_false)
Dimana :
Logical test merpakan nilai atau ekspresi untuk
mengevaluasi benar atau salah.
Value_if_true , merupakan nilai yang dihasilkan jika hasil
evaluasi benar.
Value_if_false, merupakan nilai yang dihasilkan jikan
hasil evaluasi salah.
Sebagai pembanding antar argumen, dapat diberikan operasi
pembanding seperti tanda =,>,<, ≤,≥ dan lain sebagainya. Untuk menuliskan
fungsi logika, maka perlu diperhatikan penulisan tanda petik dobel (quotation
mark) yang berbentuk (“) dikarenakan kesalahan dalam menuliskan quotation mark
beraktibat fungsi logika tidak bisa dijalankan.
Langkah-langkah menuliskan fungsi logika :
1) Tentukan sel yang akan ditulis
logika.
2) Awali tanda sama dengan (=) ,
kemudian tuliskan fungsi lofika gengan pola :
IF(logical_test;value_if_true;value_if_false).
4) Gunakan tanda petik dobel (“) utnuk
memberikan keterangan argument dalam fungsi logika , dan tanda koma (,) ataupun
titik koma (;) secara konsisten dalam penulisan fungsi logika.
-------------------------------------------------------------------------------------
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM
TUGAS PRAKTIKUM
1. Lakukan percobaan dengan membuat tabel
point “g” .
Membuat tabel point menggunakan Fungsi Logika If then
Else.
Rumus Jenjang Usia : =IF(D5>=17;"Dewasa";"Remaja")
Rumus Harga : =IF(D5>=17;"Rp.20.000";"Rp.10.0000")
-------------------------------------------------------------------------------------
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Pada Praktikum kali ini dapat disimpulkan bahwa kita
dapart membuat perhitungan lebih mudah dengan rumus-rumus yang telah disediakan
dan tentunya logika kita dipakai disini agar rumus yang dibuat tidak
asal-asalan
5.2 Saran
Pada praktikum kali ini saya memiliki saran alangkah
baiknya jika para mahasiswa diberitahu terlebih dahulu tentang fungsi-fungsi
yang ada pada Microsoft Excel.
Post a Comment