Header Ads

Laporan Praktikum 1


LAPORAN PRAKTIKUM 1
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



Disusun Oleh :

Fadilah Riczky
18330046


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JANABADRA
YOGYAKARTA
2018

--------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Praktikum
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Persiapan Praktikum
2.1.1 Perangkat Keras
2.1.2 Perangkat Lunak
2.2 Rangkuman
2.3 Dasar Teori
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM
BAB IV TUGAS
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran






---------------------------------------------------------------------------------------------------------



BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.
Kemudian setelah Microsoft Office populer, pada tahun 1995 Microsoft meluncurkan kembali aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi komputer pada saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang pesat dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern.
Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan yang terakhir sampai sekarang adalah Microsoft Office 2010.
1.2 Tujuan Praktikum
a. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan konsep tenteng Microsoft Word.
b. Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara penggunakan Microsoft Word.

                                                                                            

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Persiapan Praktikum
2.1.1 Perangkat Keras
a. Komputer / Laptop
2.1.2 Perangkat Lunak
a. Aplikasi Microsoft Word 2016
2.2 Rangkuman
A.    Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolahan kata yang terdapat dalam paket program aplikasi mikrosoft office, yang sejak mulai di kembangkan sejak tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001. Microsoft worddikembang oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama di dunia yaitu Corporation. Dari generasi pertama Microsoft word sampai generasi terkini program ini selalu menjadi idola.
B.     Cara membuka Microsoft word klk tombol start yang ada di taskbar pilih menu program, arahkan pada Microsoft office dan klik Microsoft word 2007 dan akan tampil lembaran kerja dar Microsoft word 2007 yang masih kosong dan lembar kerja tersebut bernama dokumen 1..
C.     Bagian _ bagian Tab

Home pada menu home juga terdapat beberapa bagian :
1.      Clipboart paste > berfungsi untuk memindahkan fungsi sell.Cut > berfungsi untuk memotong isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell. Copy > berfungsi untuk menyalin isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell.
2.      Front Format Painter Front Front Size Increase Front Size Decrease Front Size, berfungsi untuk mengubah jenis huruf, berfungsi untuk merubah ukuran huruf, berfungsi untuk meningkatkan ukuran huruf, berfungsi untuk mengurangi ukuran huruf. Bold berfungsi untuk menebalkan huruf. Italic Underline Border Fill Color Front Color, berfungsi untuk memiringkan huruf, berfungsi untuk menggaris bawahi huruf, berfungsi untuk membuat garis pinggir atau table, berfungsi untuk member warna sell, berfungsi untuk memberi warna huruf.
3.      Paragrafh Bullets Simbol, Numbering Angka, Align Text Left, berfungsi untuk mengatur format penomoran , berfungsi teks agar rata ke kiri. Center baris, berfungsi mengatur teks agar berada di tengah-tangah.  Aligh Text Right berfungsi mengatur teks agar rata ke kanan. Justify kanan berfungsi untuk mengatur perataan teks rata kiri.
D.    Mengetik pada word 2007 pada saat membuka word 2007, maka dilayar akan terlihat dokumen baru yang masih kosong diberi nama dengan document 1 yang siap digunakan untuk mengetik naskah. Pada document tersebut akan tampak titik sisip / kursor sebagai tempat untuk mengetik naskah. Apabila naskah yang telah diketik telah mencapai akhir baris, maka akan secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya., dan hendak menurunkan kursor kebaris untuk membuat paragraph baru maka cukup menggunakan enter.
E.     Menyimpan document word 2007 cara untuk menyimpan document, untuk pertama kalinya baik document tersebut disimpan didalam hardisk, floopy disk atau pun flash disk yaitu : klik menu file > klik save/seve as alternative lan dalam menyimpan adalah dengan menekan Ctrl + s pada keyboard atau meng klik icon pada toolbar. Tentukan folder tempat menyimpan file (sesuai dengan yang kita inginkan ) kemudian ketik nama.
F.      Membuka dokumen yang pernah disimpan dapat di buka atau daktifkan kembali di layar dengan cara : klik menu file > open . tentukan folder/sub directori tempat file yang akan di buka pilih nama file yang akan di buka kemudian enter atau klik2x pada nama file tersebut.
G.    Mangakhiri word 2007 , setelah selesai kerja dengan word 2007, akhiri program dengan menggunakanlangkah-langkah sebagai berikut :
1.      Simpan terlebih dahulu document tersebut.
2.      Setelah menyimpan pilih menu file, klik tombol exit maka kita akan keluar dari program Microsoft word 2007. Apabila yang dibuat belum tersimpan, maka di layar akan tampil kotak dialog konfirmasi menyimpan file. Klik tombol yes untuk menyimpan file tersebut.

Menu dan icon pokok Microsoft word XP
A.    Menu file yaitu menu yang berhubungan dengan perasi terhadap file document.
B.       Menu edit adalah menu yang berhubungan dengan penyuntingan terhadap fle document.
C.     Menu view submenu fungsi undo repeat cut copy paste paste special paste as hyperlink clear select all find replace go to links object membatalkan perintah terakhiryang dilakukan. Mengulangi perintah terakhir. Memotong sebagian/seluruh data pada lembar document. Menyisipkan atau meletakan hasil cut atau copy. Fasilitas pendukung perintah cut atau copy dengan format khusus. Mendukung perintah cut dan copy terhadap hyperlink. Menghapus data yang sebelumnya memblok data yang akan dihapus. Memilih atau memblok seluruh data pada satu lembar document untuk dilakukan suatu perintah. Menggantikan data pada lembar kerja dengan data baru. Memindahkan letak data aktif ke tempat lain. Menamplkan/mengubah setiap link yang ada di file aktif. Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link. Sub menu fungsi new open close save save as save as webpage search webpage preview page setup print preview print sent to properties exit membuat dokumen baru. Membuka file dar media penyimpanan. Menutup jendela dokumen aktif. Menyimpan dokumen yang masih aktif. Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama. Menyimpan dokumen dengan format halamanweb. Mencari bagian dari teks atau dokumen. Menampilkan dokumen dalam halaman web. Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak. Melihat contoh hasil cetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer. Mencetak dokumen mengirim dokumen. Keluar dari Microsoft word dengan sebelumnya menutup seluruh dokumen. menu view adalah menu yang berhubungan dengan tampilan dari dokumen,
D.    Menu insert adalah menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen.
E.      Menu format adalah menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen, dengan submenu sebagai berikut : submenu fungsi break page numbers date and time auto teks symbol comment references picture diagram text box file object hyperlink membuat potongan halaman yang diteruskan pada halaman selanjutnya. Member format nomor halaman pada tiap lembar document.memberi tanggal dan waktu pada dokumen aktif. Menyisipkan teks otomatis. Menyisipkan symbol yang di inginkan. Manyisipkan komentar pada dokumen. Menyisipkan referensi pada dokumen. Menyisipkan gambar. Menyisipkan diagram. Menyisipkan kata/kalimat pada suatu kotak. Menyisipkan file lain kedalam dokumen aktif. Menyisipkan objek. Menyisipkan teks dan hyperlink pada lembar dokumen yang tersimpan. Submenu fungsi normal web layout print layout outline task pane toolsbar ruler header and footer footnotes ful sceen zoom menampilkan lembar dokumen dalam format print. Menampilkan lembar dokumen dalam outine view. Menampilkan jendela tugas Microsoft word. Menampilkan menu-menu yang di kehendak pada toolsbar. menampilkan ukuran pada sisi-sisi lembar dokumen. Membuat veader dan footer sebagain efek cetakan. Menampilkan seluruh catatan dalam lembar dokumen. Menampilkan lembar document dalam satu tayangan penuh. Mengubah tampilan lebar dokumen menjadi lebih besar/kecil. Sub menu fungsi font paragraph bullets & numbering borders and shading  mengatur huruf mengatur paragraph mengatur format penomoran dengan angka/symbol. Mengatrur tampilan bingkai dan bayangan.colomns tabs drop cap text direction change case background theme auto format styles & formatting member format kolom pada teks. Mengatur jarak kata. Membuat huruf/kata pertama pada awal paragraph. Mengatur posisi teks . mngatur tampilan huruf. Mengatur warna dan model latar belakang lembar dokumen. Mengatur tema latar belakang dokumen menggunakan fasilitas format yang di sediakan untuk membuat table.




2.3 Dasar Teori
Microsoft Office Word adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk operasi atau program pengolah kata atau basis data. Pada zaman modern seperti sekarang program pengolah kata ini sudah tidak asing lagi baik dari pelajar sekolah menengah sampai mahasiswa dan pekerja kantor. Banyak yang bisa di olah pada Microsoft word seperti makalah,skripsi, dan lain nya.
Salah satunya yaitu dalam pembuatan karya ilmiah atau sering disebut dengan laporan. Banyak mahasiswa atau pelajar tidak mengetahui secara menyeluruh tool dasar dalam pembuatan karya ilmiah beserta fungsinya. Contohnya seperti tools pada tab home,insert,page layout,references,sampai dengan tab view. Itu merupakan kesalahan fatal, karena dengan kita tidak tahu apa fungsinya kita dapat menghabiskan banyak waktu dalam pengetikan dan tidak sesuai prosedur atau nama lain nya yaitu menggunakan teknik sendiri untuk mengetik.
Contohnya pada tab references, pada tool table of contens kita dapat membuat daftar isi secara otomatis dengan syarat kita harus mengaktifkat style penulisan seperti heading1,heading2,dan lainnya. Hal itu dapat meringankan pekerjaan mengetikdaftarisi.







---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------






BAB III PELAKSANAAN PRAKTIKUM
Langkah Kerja :
1. Menjalankan Microsoft Word
a.       Membuat dokumen baru
Klik tombol Start > pilih All Programs > pilih Microsoft Office > pilih Microsoft Office Word.
b.      Bila sedang berkerj a, kemudia ingin membuka lembar kerja baru yang lain , maka bisa dilakukan dengan cara tekan tombol Ctrl+N.
c.       Menyimpan dan menutup lembar kerja.
Klik tombol office (Office Button) > pilih Save As > klik Word Document > ketik nama file > klik Save > untuk menutup lembar kerja atau halaman pekerjaan, klik tombol X pada sudut kanan atas halaman atau lembar kerja.
Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih berkerja , untuk menyimpan kembali cupuk ditekan tombol Ctrl+S.
d.      Pemberian nomor halaman
Klik insert > klik > page number > pilih posisi nomor > tentukan posisi nomor > tentukan posisi akhir nomor yang di inginkan.
e.       Mengganti kata
Klik Replace pada Ribbon Home  > pilih Replace pda kotak dialog Find and Replace > tulis teks yang akan di ganti pada Find What > tulis teks pengganti pada Replace With > klik Repalce. Bila teks pada selruh lembaran kerja ingin diganti , maka klik Replace All.



f.       Membuat Drop Cap
Drop Cap sangat bermanfaat dalam membuat layout artikel majalah , koran , ataupun buku bacaan lainnya. Caranya adalah pilih huruf yang akan dijadikan Drop Cap > klik tab Insert > klik Drop Cap > klik Drop Cap Options > pilih Drop pada Position > tentukan jenis huruf , jumlah baris serta jarak huruf yang di-drop dari teks kemudian > klik OK.
g.      Membuat rumus .
Klik tab Insert > klik Equation , pilih New Equation > klik rumus yang akan dipilih > tuliskan rumus pada bidang penulisan rumus.




h.      Membuat Amplop
i.        Siiapkan lembar dokumen baru > klik tab Mailings > klik Envelops > isi form yang tersedia > klik Preview > klik Envelope Options untuk melakukan pengaturan ukuran amplop > klik Printing Options untuk mengatur mencetak amplop.

j.        Membuat Grafik
k.      Klik tab Insert > klik SmartArt > pilih kategori SmartArt (grafik) > tentukan jenis grafik yang diinginkan > klik OK > tuliskan teks pada tempat yang telah disediakan , setelah selesai klik tanda X.


















---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




BAB IV TUGAS
1. Tulis artikel biografi diri sendiri
My Life

F
adilah Riczky adalah namaku dibesarkan dari keluarga sederhana bisa di sebut sangat-sangat sederhana karena pada saat aku kecil dijamanku dan daerah tempat aku tinggal termasuk daerah pelosok karena pindah ke tempat tanah yang orang tuaku beli pada saat itu dan memulai kehidupan di daerah sana. Saat berumur 7 tahun aku mulai masuk sekolah dasar di desa itu dan mendapatkan teman yang sangat banyak dari berbagai daerah karena desaku itu tempat orang perantauan dari berbagai daerah yang paling banyak orang jawa dan sekarang daerahku sudah sangat ramai sehingga menjadi desa yang asik karena didesaku orangnya suka bergotong royong. Pada saat kelas 5 SD aku pernah berkelahi dengan anak kelas 6 akibat olok-olokan dan akhirnya aku kalah karena badannya besar dan aku juga tidak suka berkelahi. Pada kelas 5 ini diriku dibelikan sebuah PC yang lumayan bagus pada jaman itu dengan spesifikasi yang memumpuni pada jamannya dan layarnya juga lumayan gede jadi enak untuk belajar komputer dan bermain game, mulai dari situ aku sangat menyukai teknologi salah satunya dalam ilmu komputer pada saat itu aku suka sekali dengan game SPIDER-MAN karena petualangannya sangat menarik dan gameplay nya juga tidak terlalu susah dan setiap aku main game itu pasti anak-anak kecil tetanggaku pada main kerumah untuk menontonku bermain game dan sesekali aku pinjamin mereka untuk belajar.

            Tanpa terasa aku sudah lulus SD pada saat itu dan aku melanjutkan SMP swasta di kota sebelah dengan tujuan agar mendapatkan pengalaman belajar dan teman baru dari yang ada di desaku saat itu. Pada saat SMP itu aku sangat merasakan perbedaan yang kujalani saat masa-masa SD ku sebelumnya termasuk dalam cara belajar dan teman-teman yang pemikirannya berbeda dan ada juga yang seperti teman-teman ku di desa tapi yang pasti di SMP ku ini aku mendapatkan banyak pengalaman yang menarik karena aku sekolahnya di luar kota dan itu jauh dari desa ku jadi aku pernah menjadi anak kost sebelum tinggal bersama keluarga disana. Ketika menjadi anak kost aku mulai merasakan kehidupan mandiri yang dimana aku harus mengerjakan yang aku butuhkan itu sendirian dan mencoba untuk menghemat uang karena tidak sedikit yang dikeluarkan karena aku sekolah di SMP swasta dan kost disana . Di kota itu aku mendapatkan teman-teman baru yang sangat menarik dari sebelumnya dan aku merasa sangat beruntung sudah sekolah disana sampai saat ini blm ada yang bisa menggantikan temanku pada saat SMP itu salah satu temanku yang hebat menurutku Ellyzana,Herlin, Meri , Yeni , Sinta,Pipin , Yoggy , Wandi ,Jepri , Egi , Jerry dan Plaminggo , mereka punya kelebihan masing-masing dan itu berbeda tapi teman yang paling ku senangi Yoggy dan Wandi karena kami hampir punya kemiripan pemikiran dan sama-sama suka dengan programer dan sekarang mereka menjadi semakin pintar dan malah mereka sudah sangat mendahului aku ilmunya. Pada kelas 3 SMP kami sering pergi ke karaoke di pusat kota karena ingin memperbanyak kenangan dan selalu bermain bareng karena yang pasti saat lulus ini kita akan berbeda tujuannya. Dikelas 3 ini aku tinggal  bersama sodara ku yang jaraknya lumayan jauh dari  sekolahku pada saat itu tapi masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan saat itu juga aku sering bawa motorku yang ada di desa tapi karena capek membawanya karena jauh jadi aku putuskan hanya menggunakan mobil jika ingin pulang kedesa atau ke rumah sodaraku . Jaman SMP menurutku masa-masa yang paling enak karena disana aku cuma merasakan punya teman yang memiliki ikatan yang baik dan saling membantu.

Pada saat hari kelulusan SMP aku membawa kamera poket untuk mengambil gambar kenang-kenangan bersama teman-temanku itu bahkan dari mereka ada yang membawa kamera DSLR jadi kupikir lebih baik mengambil gambar pake kamera mereka aja karena hasilnya lebih bagus dan ada juga fotografer dari studio yang menawarkan pengambilan gambar langsung jadi atau langsung di cetak dan akupun mengajak temanku untuk foto bareng disitu dengan membayar uang 10 ribu pada saat itu untuk satu cetak foto yang di di hasilkan . Ada sebuah moment yang lucu seharusnya itu adalah moment sedih karena itu adalah hari perpisahan tetapi hampir semua orangtua yang datang disana malah tertawa karena melihat selendang yang kupakai melorot akibat terjepit kakiku yang menjadikan moment sedih menjadi moment tertawa dan sebenernya aku sangat malu pada saat itu tapi setelah kulihat sekitar tidak ada yang keberatan dengan hal itu jadi aku tetap seperti biasa aja dan menjalankan acara perpisahan sampai selesai. Pada saat hari kelulusan teman-teman ku yang lain menjalankan tradisi coret-coretaaan yang menurutku itu suatu tradisi yang sangat kuno dan tidak bermanfaat malah ada aja korban kematian dari tradisi seperti itu jadinya aku tidak ingin mengikuti tradisi seperti itu karena ku pikir masih bisa disumbangkan ke yang lebih membutuhkan baju yang kupakai ini termasuk adikku sehingga aku tidak ada niat sama sekali untuk mengikuti tradisi coret-coretan baju itu.

Kemudian masa-masa pendaftaran SMA/SMK telah dibuka , pada saat itu aku ada niat untuk pergi kejogja dan tinggal bersama keluargaku ,waktu itu SMA yang ingin aku tuju adalah salah satu SMA favorite di jogja tapi aku sekarang udah lupa namanya karena aku tidak jadi untuk bersekolah disana melainkan sekolah di kota yang sama pada saat SMP ku dan akhirnya aku masuk ke SMK N2 PRABUMULIH yang pada saat 2 tahun sekolah disana sama sekali tidak ada pembayaran karena didaerah sana masih tercover sekolah gratis untuk sekolah Negeri, sebenernya aku tidak senang sekolah disini salah satunya karena tempatnya yang tidak strategis dan teman-teman disini kurang asyik dan niat untuk belajar sangatlah sedikit sehingga membuatku sedikit tidak bersemangat dan sangat memudahkanku untuk mendapatkan peringkat di dalam kelas  dan itu bukanlah suatu yang membanggakan untukku karena didalamnya tidak ada sebuah tantangan malahan ku mengerjakan ujian tanpa belajar pun masih tetap berada nilainya diatas teman-temanku dan walaupun begitu aku memiliki rival dalam kelas dan itu cowok semua yaitu nizar dan alfin mereka berdua jago di anata mata pelajaran umum dan produktif , yang nizar dia jago dalam pelajaran produktif dia sangat mudah menangkap apapun pelajaran produktif yang disampaikan oleh guru produktif dan akupun begitu suka dengan pelajaran produktif karena aku menyukai dunia teknologi dan aku dan nizar sendiri menjadi salah satu murid andalan untuk membantu guruku dalam menjalankan praktik di kelas kalau ada pelajaran praktik, kita juga biasa disuruh merakit komputer dari nol dan mensetting jaringan dalam sekolah, sedangkan alfin sendiri dia jago dalam pelajaran umum bahkan aku hampir ga bisa untuk mendahului dia dalam pelajaran umum dia sangat cekatan dan semangat apalagi pelajaran fisika yang sangat membuatku pusing dalam pelajaran itu sehingga aku tidak suka pelajaran itu bahkan saat aku jadi ketua kelas saat ada tugas pelajaran fisika aku menyuruh pasukanku unutk tidak mengerjakan bersama karena kupikir bukan aku saja yang pusing dengan pelajaran ini mana lagi gurunya jarang masuk dan sering ngasih tugas ga jelas sehingga banyak sekali murid yang mengeluh dengan guru itu dan aku pernah berpikir untuk melaporkan hal itu ke kepala sekolah tapi setelah mengetahui kalau guru itu memliki banyak tugas di luar sekolah sehingga aku tidak jadi melaporkannya dan nilai kami juga tidak kurang dan di atas rata-rata saat ujian karena menurutku guru itu ga mau kesalahan karena telah lalai meninggalkan muridnya dengan tugas tanpa penjelasan terlebih dahulu yang membuat kita semua menjadi males untuk mengerjainnya.
Waktu itu diriku sangat suka sekali berorganisasi di sekolah sehingga semua organisasi di SMK itu aku ikutin dan itu sangat menyita waktu belajar yang sangat banyak tapi walaupun begitu ketika ada tugas yang mudah aku tetap mengumpulnya walaupun tidak masuk dan yang paling seru itu organisasi OSIS dan Pramuka karena disitu banyak sekali orang-orang yang menarik sehingga membuatku lebih bersemangat untuk menjalaninya  walaupun aku ga jago berorganisasi jadi ya aku sedikit tidak berguna dalam organisasi itu tapi walaupun begitu tetap asyik karena sering menjalankan aktifitas di luar sekolahan dan aku sering di ajakin juga untuk membuat suatu surat penting dalam sekolah dan disitu aku merasa sedikit berguna disana. Kemudian dalam organisasi pramuka aku pernah mengikuti perkemahan di Universitas Sriwijaya dan ini suatu pengalaman yang menarik untukku karena dalam perkemahan ini badanku menjadi sangat hitam karena pada saat itu siangnya sangat panas dan malemnya hujan sungguh cuaca yang sangat tidak bersahabat. Perkemahan itu dikaksanakan dalam waktu seminggu dan setiap paginya kami mengadakan senam agar semua siswa bersemangat dan senamnya itu sangat menarik dan pernah kami praktekkan di sekolah kami pas waktu senam agar teman-teman di SMK juga tapi gimana senam yang kami lakukan pada saat di perkemahan. Aku mengikuti beberapa lomba yang ada dalam perkemahan itu tetapi ga ada yang lolos dan yang paling seru adalah lomba Adventure jadi yang lolos dalam tahap awal akan melakukan Petualangan di hutan belakang kampus itu yang menurutku itu sangat seru dan beruntung yang dapat lolos dalam tahap pertama dan akupun gagal dalam tahap pertama.
Pada saat hari kelulusan  adalah hari yang sangat menyenangkan dan menyedihkan juga menurutku hal menyenangkannya aku bisa bebas dari teman-teman yang males dan hali menyedihkannya aku berpisah dari teman-teman yang seru, pada saat itu kami sangat banyak mengambil gambar untuk kenang-kenangan dan itu adalah saaat yang menyenangkan dan kelas kamipun menampilkan sebuah lagi perpisahan pada saat itu dan aku menjadi Vokalis cowok dengan suaraku yang fals itu aku merasa malu sendiri mendengarnya.
Masa SMA telah berakhir dengan sebuah nilai yang cukup memuaskan dan aku pun mencoba untuk mencari Universitas swasta di pulau jawa karena aku tidak ada niat sama sekali untuk melanjutkan PTN jadi aku ga mendaftar SN,SBM dan Mandiri. Awalnya aku pergi ke indramayu tempat saudara untuk mencari kampus Islam di Cirebon jawa barat. Saat itu aku hampir mengunjungi PTS di cerebon sana tapi kurasa ngga ada yang cocok dan saudara yang dicirebon menyarankanku untuk kuliah di jogja saja, setelah aku melaporkan hal itu ke orang tua ku mereka pun setuju dan aku pun langsung mencari PTS yang lumayan murah dan berakreditasi dan akhirnya aku menemukan Universitas Janabadra yang sama sekali aku ga tau Universitas itu dan itu pertama kali aku mendengar nama Universitas itu padahal Janabadra adalah salah satu universitas tertua di jogja dan akupun langsung mendaftar tanpa pikir paanjnag lagi dengan semangat aku mendaftar lewat website janabadra.ac.id dan langsung membayar lewat m-Banking melalui smartphone dan besoknya aku mengikuti test online yang kupikir awalnya aku tidak lulus ternyata besoknya diriku mendapatkan email dari janabadra yang ternyata diriku diterima disana dan akupun merasa bersyukur bisa kuliah disini dan bertemu teman-teman yang menarik dari bergagai daerah dan banyak juga teman yang bersemangat dalam belajar dan ini sangat membuatku bersemangat juga walaupun suka telat dalam pergi ke kampus karena temanku yang lama dan aku juga suka kesiangan tidurnya. Saat ini aku sudah menjalani masa kuliah selama satu bulan dan semoga aku bisa menjadi mahasiswa berprestasi di kampus kebangsaan ini.





---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




2. Membuat struktur organisasi
STRUKTUR PENGURUS FAKULTAS TEKNIK












STRUKTUR ORGANISASI LABORATERIUM KOMPUTER   FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JANABADRA
















STRUKTUR ORGANISASI UNIVERSITAS JANABADRA



 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
a.       Dari hasil praktikum ini saya mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan Microsoft Office ini kita dengan mudah untuk membuat suatu tugas dengan baik dan rapi.
5.2 Saran
b.      Sebaiknya pengguna harus hafal fungsi-fungsi dalam Microsoft Office agar tugas yang dibuat agar menjadi bagus.




Tidak ada komentar

Fadilah Riczky. Diberdayakan oleh Blogger.